Get Your Money Here

Wednesday, June 26, 2013

Scraptbook



Beberapa minggu yang lalu, gue ditugasin oleh salah satu kelas laboratorium yang gue ikutin untuk ngebuat kritik dan saran sebagai bagian dari tugas akhir gue. Biasanya kritik dan saran yang diminta oleh ketua praktikum engga neko-neko, hanya disuruh ketik terus print deh, nah tapi untuk laboratorium yang satu ini dan khusus untuk kelas gue aja dikasih tugas yang agak sedikit rumit dan mungkin emang rumit untuk ukuran gue yang sangat sulit menemukan ide untuk berkrasi. Ya, tugas akhir kelas gue adalah ngebuat kritik dan saran TAPI dalam bentuk scrapbook. Scrapbook pernah denger sih, tapi belum pernah liat perwujudan nya, dan belum pernah ngebuat sendiri. Jadilah gue buta dengan apa yang harus gue kerjain.
            Dengan kecanggihan zaman, bertanyalah gue dengan si oom bernama google. Dan ternyata scrapbook sebetulnya adalah wadah untuk menyimpan segala sesuatu yang kita anggap penting dalam hidup kita, ya mirip-mirip memorabilia album gitu deh, disana bisa untuk menyimpan foto yang lengkap dengan dekorasi, catatan ekspresi kala foto itu, atau benda-benda lainnya yang dapat mengingatkan kita pada sesuatu atau sebuah kejadian tertentu.

            Dari asal katanya scrap berarti barang sisa. Definisi scrapbook adalah seni menempel foto atau gambar di media kertas, dan menghiasnya hingga menjadi karya kreatif. Kegiatan mengasyikkan yang merupakan penuangan ekspresi si pembuatnya adalah perpaduan keterampilan menempel kertas, foto, dan gambar dengan seni memadukan warna, motif, dan bentuk ini menghasilkan karya-karya yang kreatif.
            Scrapbook sendiri sudah terlebih dahulu booming di Amerika sekitar 20 tahun lalu. Nah, baru-baru ini aja sebenarnya scrapbook masuk ke Indonesai yaitu sekitar 6 tahun terakhir ini. Sejarah Scrapbook dilihat dalam buku Manuscript Gleanings and Literary Scrapbook  karya John Poole yang terbit tahun 1826 berisi koleksi ukiran dan puisi, menyebutkan cara-cara mencari, mengumpulkan dan mengatur scrap atau potongan kertas cetakan dengan disain hiasan. Dengan kelebihan bahwa pada scrapbook si pembuat dapat menuangkan seluruh emosi dan kenangannya dalam seni itulah scrapbook semakin dilirik oleh kaula muda Indonesia yang penuh dengan jiwa berkreasi. Selain itu pembuatan scrapbook dengan melibatkan adik-adik kita yang masih kecil atau anak-anak (bagi yang sudah memiliki momongan) kita dapat melatih otak kanan mereka agar timbul keinginan untuk berkreasi dan semakin melatih mereka agar selalu dapat berkreativitas serta berinovasi.
            Seni scrapbook terus hidup dan menarik perhatian dan minat banyak orang karena difokuskan pada kenangan yang indah dalam hidup seseorang atau orang yang dicintainya. Peristiwa yang indah seperti pernikahan, kelahiran bayi, atau wisuda anak adalah momen yang layak untuk diabadikan dalam scrapbook.
            Berhubung masuknya scrapbook ke Indonesia masih terhitung baru, bahan baku pembuatan scrapbook di Indonesia masih sangat terbatas tapi sudah mulai dikembangkan karena mulai banyak wirausahawan yang menangkap signal adanya lading keuntungan di bidang ini. Para scrappers atau scrapbookers (sebutan untuk para pecinta scrapbook) terkadang harus pergi ke toko khusus yang menjual alat-alat untuk pembuatan scrapbook, yang mana biasanya barang-barang yang dijual pun merupakan produk impor. Yang paling diperhatikan oleh para scrappers adalah bahan-bahan yang digunakan haruslah mempunyai kualitas tinggi agar scrapbook yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik alias tahan lama. Dengan semakin canggihnya teknologi internet memungkinkan para scrappers untuk mempublish sendiri hasil karyanya.
            Guna dan manfaatnya punya scrapbook sendiri adalah scrapbook bisa dijadikan sebagai buku diary, karena dalam scrapbook kita dapat menaruh semua hal mengenai hari-hari yang kita lalui selama sehari seperti tiket bioskop, potongan tiket kereta, tiket traveling dan foto-foto bareng do’i. Menyimpannya dalam scrapbook tentunya akan lebih menarik. Belum lagi sensasi ketika kita melihat seni di dalamnya.
Scrapbook sendiri juga dapat digunakan sebagai kenang-kenangan atau hadiah pernikahan. Isinya bisa saja pre-wedding sang pengantin yang dihias. Atau juga untuk momen-momen lainnya.
So gorgeous, isn’t it? Yeah just try it and you’ll feel the great sensation.


No comments:

Post a Comment